Tuesday , September 26 2017
Breaking News
Home / SABUNG AYAM / Sabung Ayam Bali

Sabung Ayam Bali

Sabung Ayam Bali

Sebenarnya pemeluk Hindu di zaman lalu tidak sempat mempelajari sabung ayam yg sangat terkenal sekarang ini di kalangan masyarakat bahkan hampir di seluruh Indonesia. Lalu berasal dari manakah budaya ini ? Sabung ayam adalah pergeseran budaya di mana yg serta yakni awalnya adalah adu dua kelapa, di mana perayaan ini tersedia pada pemeluk Hindu di Indonesia, khususnya di Bali. Adu kepala tersebut umumnya ada telur ayam dan cengkeh juga sebagai media upacara.

Sabung Ayam Bali

Ceremoni sebelum laga ayam dimulai 

Mengapa ada seremoni adu kelapa? Awalnya kisah cerita ini dari cerita Mahabharata, di mana Ibu Kunti mengorbankan salah satu anaknya yakni Bima untuk menembak raksasa yg meresahkan masyarakat kala itu. Untuk kisah komplit Bima dengan raksasa dapat dibaca melalui artikel ini. Melalui kisah tersebutlah, untuk memperingati tragedi itu kepada memperingati problem itu sehingga dikorbankanlah kelapa (adu kelapa) di mana disimboliskan peperangan antara sisi benar melawan sisi jahat. Di sudut lainnya, Sadewa dikorbankan oleh Ibu Kunti bagi menembak raksasa ditempat lain.

Namun, seiring dgn berkembangnya era, terjadilah pergeseran seremoni. Dimana adu kepala ditukar dgn adu ayam (sabung ayam). lantaran Kunti memanfaatkan anak kesangannya (Bima) dan anak kesayangan Madri (Sadewa), maka bila menjalankan sabung ayam sehingga mesti memanfaatkan ayam peliharaan kesayangan.

Pengemar olahraga adu ayam di bali begitu banyak

Sebenarnya, formalitas sabung ayam cuma dimanfaatkan buat hari-hari tertentu saja. Tapi karena warga gemar adekan adu ayam tersebut akhirnya dipratekkan di sembarang tempat dan bukan hanya pada saat upacara. Bahkan hingga kini ritual sabung ayam kembali menjamur di kalangan penduduk Indonesia. Setelah mengetahui histori sabung ayam, pembaca agar mampu bersikap bijak untuk membedakan upacara yg mempunyai sila kerohanian bersama yang menyiksa makhluk lain. Tidak hanya sabung ayam, ternyata arti nama bung karno juga berasal cerita Mahabharata.

Sabung ayam dibali dinamakan adu tajen

Sabung ayam di Bali dinamakan Tajen. Nama ini berasal dari beduk rah, salah satu upacara penduduk Hindu di Bali. Tujuannya tertinggi, merupakan menyesuaikan interaksi manusia bersama bhuana akbar. Yadnya ini runtutan permulaan ritual yg sarananya memanfaatkan satwa kurban, seperti ayam, babi, itik, kerbau, dan bermacam macam tipe satwa peliharaan lain. Persembahan itu dilakukan nyambleh nyambleh (leher kurban dipotong sesudah dimanterai).

Tradisi ini sebenarnya sudah lama, terlebih pada era Majapahit. Saat itu memanfaatkan istilah menetak gulu ayam. Hasilnya gendang rah merembet ke Bali yg semenjak berasal muhajir beberapa orang Majapahit, kurang lebih thn 1200. beduk rah yg kerap diselenggarakan pada seri ritual Butha Yad-nya serta tidak sedikit dinamakan pada bermacam lontar.

Sebuah lontar yg melangsungkan sabung ayam ada dekat lontar Yadnya Prakerti. merupakan, bagi ketika hri raya diadakan pertandingan suci contohnya bagi bln kesanga patutlah menjadikan pergulatan ayam tiga sehet bersama koherensi upakara. Kebenaran gendang rah ialah gandengan pada ritual Bhuta Yadnya di Bali sejak era purba sedang didasarkan asal Prasasti Batur kakak I th 933 Saka dan Prasati Batuan th 944 Saka.

About aduayam

Check Also

Sabung Ayam Bangkok

Tips Dalam Memilih Sabung Ayam Bangkok Super Tangguh

Agen Sabung Ayam – Mungkin banyak orang yang mengira jika laga ayam bisa dibilang sudah …